January 27, 2022

#BALIkembali Jadi Tema Festival TIK 2021 Siap digelar di Bali

Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi atau festik 2021 siap digelar di Provinsi Bali pada tanggal 30-31 Agustus mendatang, ajang tahunan Relawan TIK Indonesia tersebut mengangkat tema #BALIkembali guna membangkitkan kembali Bali sebagai icon wisata Indonesia, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat Festik 2021 rencananya akan digelar secara luring.

Festik 2021 akan di isi dengan berbagai kegiatan, peluncuran program serta edukasi literasi digital secara daring maupun luring dengan agenda utama memperkuat kompetensi anggota Relawan TIK Indonesia serta mempertebal kebanggaan sebagai anggota Relawan TIK agar lebih siap dalam menghadapai Transformasi dan Reformasi teknologi masyarakat Indonesia.

Sebagaimana diumumkan oleh Fajar Eri Dianto, Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Senin (26/07), sebagai salah satu persiapan atau pra acara Festik 2021, TUK Jawa Timur dan TUK Bali diselenggarakan untuk melengkapi target 500 asesor RTIK di tahun 2021.

“ Diharapkan akan ada sesi penyerahan sertifikat asesor pada sesi ceremonial Festik 2021,” ungkap Fajar Eri. Tak hanya itu, Rural Community Networks Gathering, juga menjadi sajian utama Festik 2021, sebuah program kolaborasi bersama antara Relawan TIK, Common Room, ICT Watch, KPCPEN, Yayasan AKI, Luminate dan Unicef Indonesia.

“ Akan ada penetapkan langkah penerapan teknologi area perdesaan, diskusi pemanfaatan teknologi desa, yang akan dirumuskan menjadi dokumen Deklarasi Bedugul, juga akan ada diskusi percepatan penanggulangan Covid-19 bersama KPCPEN, nah disini kami ajak 20 anggota Relawan TIK terbaik untuk bergabung dalam program ini dan ditugaskan pada piloting pemanfataan teknologi area perdesaan diseluruh Indonesia,” papar Fajar Eri.

Dua agenda lainnya juga tak kalah hebatnya, seperti Indonesian – Korean ICT Volunteer, Kerjasama Relawan antar negara yang dikemas dalam pelatihan secara daring dengan tema Smart Farm Using Arduino dengan edukasi aplikasi TIK untuk masyarakat seperti training phyton, IoT Smart Farm dan Desain Grafis.

“ Terakhir, Regos 4 RTIK, program penguatan kompetensi calon Relawan TIK yang dilaksanakan serentak dibeberapa daerah seluruh Indonesia melalui elearning.relawantik.or.id dan akan ditampilkan pada ajang Festik 2021,” tutup fajar Eri.

Ketua Umum Relawan TIK Provinsi Bali I Gedhe Putu Krisna berharap Festik 2021 menjadi momentum bangkitnya Ekonomi, Wisata dan Digitalisasi Bali di masa pandemi melalui tema #BALIkembali

“ Kami terus melakukan persiapan untuk memberikan yang terbaik, kami mohon do’a dari seluruh Relawan TIK agar kita semua dapat bangkit dari situasi pandemi sehingga Festik dapat berjalan sesuai rencana, kami tunggu di Bali “ tutup Krisna.

Sumber: relawantik.or.id